Overcoming Resistance

Salah satu kemampuan yang sangat luar biasa dari Milton Erickson adalah kemampuannya untuk tidak hanya mengatur keadaan, tetapi juga tidak memberi jalan bagi perilaku menolak. Bagaimana hal ini bisa terjadi? Dengan mendemonstrasikannya dalam komunikasinya, pemahaman, dan memahami bagaimana cara klien berpikir. Beliau meningkatkan rasa percaya diri klien dan membentuk impresi bahwa beliau sebagai terapis adalah orang yang dapat dipercaya. Dengan kata lain, beliau membangun raport dengan klien dengan memasuki dunia klien secara sabar, Tidak masalah seberapa lucu atau terkesan tidak berguna. Rapport bukanlah sebuah fungsi untuk menilai klien suka atau tidak dengan kita, melainkan rapport diukur dari kredibilitas dan trust.

Untuk membentuk suatu keadaan yang mendukung, ikuti langkah-langkah ini:
  • Ikuti kata-kata klien, dengan menerima dan melakukan ini, akan muncul sebuah kesan bahwa kita bisa memahami dan mengikuti klien ke dunia pemikirannya.
  • Lakukan “Confusion techniques” untuk membuat klien trance.
  • Identifikasikan sesuatu yang sangat dihargai dalam pemikiran klien, yang mungkin, atau sedang berada dalam konflik karena perilaku yang kurang baik.
  • Pandulah klien untuk menyadari sendiri perilaku destruktifnya melalui pola pemikiran internalnya sendiri.
  • Kembangkanlah pemikiran bahwa klien memiliki tanggung jawab untuk melakukan intervensi terhadap dirinya.
  • Komunikasikan perspektif baru dengan cara yang halus dan fleksibel.
  • Berikan masukan mengenai kondisi natural dimana klien dapat menggunakan pemahaman barunya.
  • Hal mendasar di balik tujuan akhir adalah bahwa sedikit perubahan, sangatlah berguna, dan hal itu adalah perubahan yang baik dan pelan-pelan akan menimbulkan efek bola salju dengan berjalannya waktu, dank lien akan merasakan perkembangan dan manfaat dari perubahannya.
Berikut adalah contoh mengenai bagaimana Milton Erickson mengatasi penolakan:

“seorang klien wanita datang ke Milton. Kemudian wanita itu diberi 2 pertanyaan yang penting”

“Seberapa tinggi anda dan berapa berat anda?” dengan melihat keadaan wanita tersebut yang ekstrim, muncullkan emosi negatif yang ekstrim ketika dia menjawab, “Saya 4 kaki 10 inchi. Berat saya 250-260 pounds. Saya hanya orang yang biasa-biasa saja, gendut. Semua orang jijik melihat saya.”

Kalimat ini menimbulkan celah. Kemudian Milton berkata, “Anda belum menceritakan yang sesungguhnya. Saya akan mengatakan hal ini secara sederhana sehingga anda dapat mengenal diri anda, dan anda juga akan tahu bahwa saya juga mengenal diri anda. Dan kemudian anda akan percaya, sangat percaya, apa yang saya katakan pada anda. Anda bukanlah orang gendut yang biasa-biasa saja. Anda adalah orang paling gemuk, dan paling segentong makanan yang sangat menjijikkan yang pernah saya lihat, dan hal itu muncul ketika saya melihat anda. Anda telah melalui SMA. Anda tahu beberapa fakta dari kehidupan. Tapi di sinilah anda, 4 kaki dan 10 inchi, berat 250-260 pounds. Anda memiliki wajah rumahan. Hidung anda masuk ke dalam wajah anda, Gigi anda tidak beraturan, Rahang bawah anda tidak sama dengan rahang atas anda. Wajah anda terlalu lebar. Rambut anda tidak pernah disisir. Dan baju yang anda gunakan- polka dot. Anda tidak punya selera, bahwa dalam berpakaian. Secara sederhana- Anda adalah kekacauan yang luar biasa. Tapi anda membutuhkan bantuan. Saya pikir anda tahu bahwa saya tidak akan sungkan untuk memberitahukan anda yang sebenarnya. Anda butuh untuk mengetahui kenyataan tentang diri anda sebelum anda dapat mempelajari sesuatu yang berguna untuk membantu diri anda. Tapi saya berpikir bahwa anda mungkin tidak bisa melakukannya. Mengapa anda ke sini menemui saya?”

Dia menjawab, “Saya kira, mungkin anda dapat menghipnosis saya, sehingga saya dapat menurunkan berat badan saya.”

Milton menjawab, “Mungkin anda bisa belajar untuk masuk ke kondisi trance. Anda cukup pintar untuk lulus dari SMA. Mungkin anda cukup pintar untuk belajar bagaimana masuk ke kondisi hipnosis. Saya ingin anda untuk memasuki kondisi hipnosis. Hal itu adalah kesempatan untuk mengatakan beberapa fakta tidak menyenangkan kepada anda. Hal yang aku rasa anda tidak akan tahan mendengarnya ketika sadar. Tapi dalam kondisi trance, anda dapat mendengarkan saya. Anda dapat mengerti. Anda dapat melakukan sesuatu. Tapi tidak terlalu banya, karena anda terbatasi dengan keadaan anda. Tapi saya ingin anda melakukan semua yang saya katakan padamu, karena bentuk tubuh anda yang sangat bulat seperti sekeranjang makanan itu menunjukkan bahwa anda membutuhkan suatu pembelajaran supaya anda tidak terlalu berbahaya bagi mata manusia. Sekarang anda tahu bahwa saya akan mengatakan yang sebenarnya, sekarang tutup mata anda dan masuk ke kondisi trance yang dalam. Masuklah ke dalam kondisi hipnosis yang sangat dalam”