Dave Elman

Dave Elman (1900-1967) adalah seorang stage hypnotist tapi sangat dikenal di kalangan medis karena beliau sering membagikan ilmunya kepada para dokter, perawat dan petugas medis lainnya tentang hypnosis dan applikasinya di dunia medis. Dave Elman menjelaskan prinsip-prinsip hypnosis dengan sangat baik sehingga hypnosis dapat dilakukan dengan mudah. Beliau juga berhasil mengembangkan suatu metode induksi yang dapat membawa subjek masuk ke dalam kondisi somanbulisme dengan cepat, dan dapat dilanjutkan sampai ke Esdaile State. Biasanya Esdaile state diperuntukkan bagi mereka yang akan di operasi.

Dave Elman Induction tidak hanya teknik induksi yang termudah untuk dipelajari tapi juga paling efektif . Teknik ini terdiri dari beberapa tahap yaitu deep breath/close the eyes, relax the eyes, let the relaxation flow through the whole body, open and close the eyes, test for the physical relaxation dan mental relaxation.  Teknik induksi ini telah banyak dikembangkan diantaranya Gerald F.Kein, Cal Banyan dll. Termasuk juga Tad James, dapat dibaca pada Deep Trance Phenomena atau dapat juga dibaca bukunya Dave Elman sendiri yaitu Hypnotherapy.

Saya telah pernah menggunakannya dan memang benar-benar efektif, hanya saya seringkali melakukan modifikasi pada tahap awal,saat subjek sudah light trance saya lanjutkan deepening dengan metode dave elman sampai tingkat somnabulisme. Bagaimana dengan pengalaman rekan-rekan yang lain?