Struktur Sugesti

Baru-baru ini ada seorang hipnoterapis alumni saya yang menanyakan opini saya mengenai beberapa skrip hipnosis yang ternyata kurang efektif.

Hal itu membuat saya teringat akan hal ini. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memberikan sugesti:

1. GUNAKAN KATA-KATA POSITIF: KATAKAN HASIL APA YANG ANDA INGINKAN
Jadi katakanlah apa yang ingin anda capai/inginkan, dan bukan apa yang ingin anda hindari. contohnya: "Anda akan bisa mengontrol nafsu makan anda dan anda dapat memilih makanan-makanan yang sehat bagi anda sehingga anda bisa mencapai berat ideal anda".

Sebuah contoh yang buruk adalah "Anda tidak akan suka makan permen lagi, karena anda tidak ingin tetap gemuk".

Apa yang salah dengan sugesti kedua ini? INGAT!! Bahasa alam bawah sadar adalah IMAJINASI, bukan logika. Karena itu, kata-kata negatif biasanya akan diabaikan oleh alam bawah sadar.

Sekarang coba anda lakukan apa yang saya tuliskan: "JANGAN MEMIKIRKAN SEEKOR ANJING".

Kebanyakan orang akan dengan langsung mengimajinasikan melihat seekor anjing, mendengarkan anjing menggonggong, atau merasakan bulu anjing, dll. Jika anda mengatakan kepada klien anda untuk TIDAK memakan permen/coklat, coba bayangkan apa yang akan dia imajinasikan?

2. GUNAKAN BAHASA YANG SEDERHANA DAN SPESIFIK
Ketika menggunakan sugesti langsung (direct suggestion), katakan dengan tepat apa yang anda inginkan dalam bahasa yang sederhana dan spesifik. Alam bawah sadar bgaikan seorang "Anak kecil" di dalam diri kita, dan anak-anak seringkali tidak merespon dengan baik kata-kata yang terkesan kabur, tidak jelas dan ambigu. contoh yang baik: "Setiap hembusan nafas anda, akan membuat anda masuk makin dalam ke kondisi hipnosis yang sangat dalam dan nyaman".

Contoh yang buruk: "Setiap kali anda menarik nafas dan memenuhi paru-paru anda dan menghembuskannya keluar, anda akan masuk ke level yang lebih dalam dari kondisi somnambulism trance"

Apa yang salah dengan sugesti kedua ini?

Beberapa dari anda mungkin tertawa sekarang, tetapi saya pernah mendengar sugesti seperti itu.

3. APA YANG DIHARAPKAN CENDERUNG MENJADI KENYATAAN
Hal ini bisa juga disebuat dengan: Hukum ekspektasi

Salah satu hukum alam adalah kita cenderung mendapatkan apa yang kita percayai atau ekspektasikan dalam level bawah sadar. Hal ini juga teraplikasikan di dalam sebuah sugesti hipnosis dan juga di dalam afirmasi. Ketika kita menggunakan sugesti yang cocok dengan ekspektasi/harapan klien, maka kita meningkatkan probabilitas untuk respon yang lain. Contohnya: "Ketika anda merasakan tangan anda semakin turun ketika anda mengimajinasikan ember berisi air, anda juga merasakan tangan anda lainnya menjadi makin ringan sekarang dengan mengimajinasikan balon yang berisi helium.

Karena hukum ini, kita sebaiknya menghindari menggunakan sugesti yang "menyiksa". Misalkan kita ingin menterapi kebiasaan merokok, kemudian kita mengarahkan klien untuk mengimajinasikan masalah kesehatan seperti kanker paru-paru, impoten, dll. Tentunya anda tahu bukan apa yang akan terjadi kemudian?

4. TEKANKAN DAN KATAKAN DENGAN PERASAAN
Dalam memilih kata-kata, gunakan kata-kata yang menekankan perasaan seperti indah, marah, sedih, bahagia, luar biasa, dll.

Pertama-tama, anda bisa menekankan beberapa kata. Tetapi kemudian lanjutkan dengan sugesti yang penting dan rasakan emosi di dalamnya. hipnosis adalah sebuah seni, dan untuk menjadi seorang seniman yang hebat, jadilah bagian dari seni itu. Berilah sugesti dengan menggunakan perasaan anda.

5. APAKAH KITA SEBAIKNYA MENGGUNAKAN SUGESTI "SEKARANG"?
Jika anda memberikan alam bawah sadar sebuah celah untuk melarikan diri, dia akan menggunakannya. Jadi pastikan anda sudah menutup celah sebelum anda menggunakan "future tense".

Dengan memberikan sugesti, "Besok anda akan dapat mengontrol nafsu makan anda", anda memberikan alam bawah sadar celah untuk menunggu sampai besok dan kita semua tahu bahwa BESOK tidak akan pernah datang! Dalam sugesti langsung (direct suggestion), jangan pernah menghubungkan hasil yang anda inginkan dengan future tense. Pastikan hasil yang anda inginkan terhubung dengan waktu yang spesifik, atau kejadian tertentu.

6. SEBAIKNYA KITA MENGGUNAKAN SUGESTI AKTIF ATAU PASIF?
Sugesti langsung secara aktif mendeklarasikan hasil yang diinginkan, seperti: "Tutup mata anda, tarik nafas panjang, dan rileks".

Sugesti tidak langsung secara pasif mensugestikan hasil yang diinginkan, seperti: "Ketika anda siap, anda akan mengizinkan mata anda untuk menutup dan rasakan betapa mudah bagi anda untuk menarik nafas panjang dan menjadi lebih rileks lagi".

Ketika menggunakan sugesti kepada diri sendiri (afirmasi), lebih baik gunakan kalimat aktif, seperti "Saya bisa menyanyi dengan lancar", atau "Saya bisa berbicara dengan lancar di depan banyak orang".

Dalam sesi terapi, akan ada waktu dimana kita harus menggunakan kalimat aktif ataupun pasif tergantung dari klien.

7. PILIHAN ATAU DOUBLE BIND
Dengan menggunakan kalimat ini, seorang salesman yang terlatih tahu bahwa dia akan sering mendapatkan kata tidak, tetapi dia meminimalkannya dengan kalimat seperti ini: "Dalam jangkauan harga anda, saya dapat memberikan anda kursi yang merah atau yang biru?" Hal ini juga sama di dalam hipnosis.

Contoh: "Anda dapat merasa tangan anda semakin ringan ketika anda masuk semakin dalam, atau anda dapat memilih untuk membiarkannya makin berat ketika anda masuk makin dalam".